Rabu, 21 Desember 2011

0

Script Define untuk web PHP

  • Rabu, 21 Desember 2011
  • Bina Blogger
  • Share
  • Dulu sekali, saya pernah membuat 2 tutorial yang menyinggung masalah PHP Redirect, dimana redirect ini sebetulnya bisa dimanfaatkan ketika user telah melakukan pengisian form, maka diredirect ke satu halaman yang berisi informasi formnya itu telah diisi dengan benar, dan informasi lain-lain. Namun untuk tutorial kali ini berbeda dengan 2 tutorial yang tadi saya sebutkan. Tutorial kali ini lebih membahas kepada file phpnya itu sendiri. Yang saya maksud di sini adalah pengaksesaan secara langsung kepada suatu file php.
    Misalkan seperti ini, anda membuat sebuah file php, di mana anda tidak menginginkan file phpnya ini di akses secara langsung melalui urlnya, tetapi menginginkan file php hanya dapat dijalankan ketika di include oleh file lain. Dan anda menampilkan peringatan Forbidden seperti ini ketika file tersebut diakses secara langsung.
    Bagaimana melakukan ini semua? Silahkan baca tutorial ini sampai habis.
    Kita membutuhkan setidaknya 2 buah file php. kita langsung praktik saja :

    index.php
    <html>
    <head>
    <title>Index - Binablogger.blogspot.com</title>
    </head>
    <body>
    <?php
    define(active, "yes");
    include"page.php";
    ?>
    </body>
    </html>

    kemudian buat file PHP baru dengan nama :

    page.php

    <html>
    <head>
    <title>page - Binablogger.blogspot.com</title>
    </head>
    <body>
    <?php
    if (active == "yes"){
    echo "Uji coba berhasil!";
    }
    else{
    echo "Uji coba gagal banget ...";
    }
    ?>
    </body>
    </html>
    Ketika kita mengakses url file index.php melalui browser, maka yang terjadi adalah, variable dan fungsi yang ada pada file page.php itu di jalankan di file index.php sehingga tampil contantnya yaitu "Uji coba berhasil!", ini terjadi karena bantuan constant yang ada pada index.php. Sedangkan tampilan "Uji coba gagal banget ..."  didapatkan ketika kita mengakses secara langsung url file page.php, ini terjadi karena constantnya itu tidak ada atau tidak didefinisikan, sehingga yang terjadi adalah "Uji coba gagal banget ...". Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan?
    Selamat mencoba.


    0 Responses to “Script Define untuk web PHP”

    Posting Komentar

    Subscribe