Kamis, 17 Februari 2011

0

Mengatasi error MySQL : Too many connections

  • Kamis, 17 Februari 2011
  • Bina Blogger
  • Share
  • Halo semua,
    kali ini coba saya angkat topik mengenai koneksi database MySQL yang digunakan oleh Joomla khususnya Joomla versi 1.0.X . Sampai versi terakhir (1.0.15) Joomla ternyata belum ada perbaikan khusus masalah error

    MySQL : Too many connections Secara garis besar berdasarkan framework Joomla versi 1.0.X, setiap link atau halaman di dalam Joomla dibuka (open / click), Joomla selalu membuat koneksi baru ke dalam database MySQL. Bisa anda cek langsung ke dalam file "index.php" yang terdapat di root folder dari Joomla. "Lucu"-nya sama sekali kita tidak menemukan command / perintah untuk menutup koneksi database MySQL, sehingga bisa anda bayangkan berapa banyak koneksi database MySQL yang dibuka oleh 1 orang user / pengunjung yang akses ke dalam Joomla.

    Buat programmer php yang berpengalaman (seperti saya :) tentunya hal ini sangat aneh. Untuk setiap koneksi ke database MySQL menggunakan perintah :

    mysql_connect

    harusnya diakhiri dengan perintah :

    mysql_close

    jika telah selesai melakukan operasi query database dalam bentuk seleksi, modifikasi maupun hapus (SELECT, UPDATE & DELETE). Akibatnya pada Joomla kemungkinan terjadi error "Mysql : Too many Connections" akan sangat besar. Coba saya tanyakan ke team Developer Joomla, jawabannya kurang memuaskan saya, yaitu :

    Joomla didesain untuk secara otomatis expired koneksi ke database MySQL dalam jangka waktu tertentu.
    Waduh..!! Bagaimana jika ada lebih dari 100 orang user akses & browsing serentak ke dalam Joomla ?? pasti database MySQL akan mengalami peningkatan koneksi yang sangat tinggi, yang jika tidak ditangani dengan baik kemungkinan error "MySQL : Too many connections" akan muncul.

    Secara pribadi, saya tidak ingin hal ini terjadi pada Joomla site milik saya. Untuk itu saya melakukan sedikit modifikasi, agar error "MySQL : Too many Connections" itu bisa dicegah.

    Berikut langkah-langkahnya :

    1. Buka / open file index.php yang terdapat di root folder dari Joomla site anda, gunakan text editor
    2. Scroll ke bagian paling bawah dari isi file index.php, sampai anda menemukan perintah :

    doGzip();

    3. Setelah perintah tersebut, anda tambahkan perintah / syntax php berikut ini :

    if (isset($database->_resource)) {
       @mysql_close($database->_resource);
    }


    tepat di bawahnya.

    4. Save / simpan perubahan / modifikasi yang anda lakukan, lalu upload kembali file index.php ke root folder Joomla site anda.

    Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi error "MySQL : Too many Connections" akan muncul, karena telah diantisipasi melalui perintah mysql_close untuk setiap koneksinya.

    0 Responses to “Mengatasi error MySQL : Too many connections”

    Posting Komentar

    Subscribe