Kamis, 17 Maret 2011

0

Memadukan Email Forwarding Dengan YAHOO! Mail

  • Kamis, 17 Maret 2011
  • Bina Blogger
  • Share
  • Artikel ini merupakan kelanjutan dari tulisan saya terdahulu, Artikel No.232 yang membahas tentang penggunaan alamat email Forwarding dengan memanfaatkan layanan dari GMAIL. Dari artikel tersebut saya menerima banyak permintaan untuk membuat panduan serupa bagi pengguna Yahoo Mail.
    Jadi, kali ini saya akan memandu untuk mengkonfigurasi Yahoo Mail anda sehingga nantinya anda dapat mengirim email dengan menggunakan alamat email lain (alamat email forwarding anda) melalui Yahoo Mail.
    Sebelum anda memulai, setting terlebih dahulu email forwarding anda agar memforward semua email yang datang menuju email Yahoo yang ingin anda konfigurasi. Dalam contoh ini, alamat email Forwarding saya adalah admin[~@~]spyrozone.net yang telah saya konfigurasi agar seluruh email yang ditujukan ke admin[~@~]spyrozone.net  otomatis diforward ke spyro_zone@yahoo.com
    Selamat menikmati ;)

    …oO—(0) Langkah-Langkah

    —( Langkah 1

    Sign In kedalam account Yahoo Mail anda (http://mail.yahoo.com), kemudian masuklah kedalam menu “Options”.
    {image: Klik Options}
    Klik Options

    —( Langkah 2

    Anda akan dibawa kedalam halaman Mail Options. Ada banyak menu pengaturan disana. Pilih opsi Mail Addresses.
    {image: Klik mail Addresses}
    Klik mail Addresses

    —( Langkah 3

    Ada 3 tombol menu utama. Tombol [Add] berfungsi untuk menambawa anda kepada wizard penambahan account untuk alamat email baru. Tombol [Edit] berfungsi untuk mengubah account yang telah dibuat sebelumnya. Sedangkan tombol [Delete] berfungsi untuk menghapus Account email yang dipilih. Karena kali ini kita akan menambahkan account alamat email baru, maka klik tombol [Add].
    {images: Klik Add}
    Klik Add

    —( Langkah 4

    Yahoo mail akan membawa anda melewati step-step penambahan alamat email baru. Pada step pertama ini, anda diminta untuk memasukkan sembarang nama untuk account anda. Nama yang anda masukkan disini akan terdisplay di daftar Mail Account. Anda boleh memasukkan nama sembarang disini, bisa “Email Pribadiku”, “Email Kantor”, atau apapun dech. Dalam contoh saya memberi nama admin[~@~]spyrozone.net
    {image: Isikan Nama Account}
    Isikan Nama Account
    Klik tombol [Continue] sesudahnya.

    —( Langkah 5

    Anda kini berada di step 2. Masukkan nama anda pada field “Name”, lalu masukkan alamat email forwarding anda pada field “Email”. Klik [Continue] sesudahnya.
    {images: Masukkan nama dan alamat email yang ingin disetup}
    Masukkan nama dan alamat email yang ingin disetup

    —( Langkah 6

    Anda kemudian dibawa ke step 3. Langkah ke 3 ini bersifat Optional, jadi abaikan saja, jangan mengisi field apapun. Langsung ajah klik tombol [Skip this Step]
    {images: Skip langkah ini}
    Skip langkah ini

    —( Langkah 7

    Anda akan disuguhi pemberitahuan bahwa Yahoo akan memeriksa kebenaran kepemilikan alamat email anda dengan cara mengirimkan kode Verifikasi menuju alamat email forwarding anda tadi. Klik tombol [Send Verification]
    {images: Kirim Verifikasi}
    Kirim Verifikasi

    —( Langkah 8

    Nah, karena email forwarding sudah diatur agar memforward seluruh email yang datang menuju Account Email Yahoo anda, maka anda tinggal menunggu datangnya email yang berisi kode Verifikasi tersebut di Inbox anda.
    Agar anda tidak perlu membuka halaman Verifikasi lagi, buka saja Inbox anda di jendela atau di Tab baru, sesuai dengan browser anda. Klik kanan pada link Mail, lalu pilih menu untuk membuka link tersebut di jendela atau tab baru. Disini saya menggunakan Browser Mozilla Firefox, jadi saya memilih menu Open Link in New Tab.
    {images: Buka Email pada tab baru}
    Buka Email pada tab baru

    —( Langkah 9

    Melalui tab baru yang terbuka tadi, pergilah ke Inbox anda. Jika email Verifikasi belum datang juga, tunggu beberapa saat sambil me-refresh browser anda. Jika Email tersebut sudah sampai, segera buka untuk mengambil kode Verifikasinya. Copy kode tersebut lalu Paste-kan pada field Confirmation Code yang ada pada tab yang berisi halaman Verifikasi tadi. Klik [Verify Account] sesudahnya.
    {images: Verifikasi Account}
    Verifikasi Account

    —( Langkah 10

    Demi alasan keamanan, anda akan diminta oleh Yahoo untuk memasukkan kembali password anda. Nggak usah ragu, hal ini wajar kok. Setiap kali anda melakukan perubahan setting yang berkaitan dengan perubahan Account, anda memang akan diminta untuk memasukkan password kembali. Langsung ajah anda masukkan password anda lalu klik tombol [Sign In]
    {image: Login kembali}
    Login kembali

    —( Langkah 11

    Anda akan menerima pemberitahuan bahwa account email baru telah ditambahkan. Kini anda bisa mengirim email atas nama email forwarding anda melalui Account Yahoo anda. Cobalah anda masuk ke menu Compose. Klik menu Drop-Down pada bagian From. Nah, tentunya alamat email forwarding anda muncul disana. Anda kini tinggal pilih ingin mengirim email menggunakan alamat email yang mana, sesuai dengan keinginan anda.
    {image: Mengirim Email dengan Alamat nama domain Anda melalui Yahoo}
    Mengirim Email dengan Alamat nama domain Anda melalui Yahoo

    …oO—(O) Penutup

    Nah, langkah-langkah diatas cukup mudah bukan. Anda kini bisa mengirim email dengan alamat email yang lebih personal tanpa harus beranjak dari Yahoo Mail kesayangan anda. Okay, sekian dulu Artikel dari saya, semoga bermanfaat.
    Keep Learning and Happy hacking!

    0 Responses to “Memadukan Email Forwarding Dengan YAHOO! Mail”

    Posting Komentar

    Subscribe